4 Alternatif Pinjaman Bisnis untuk Modal Usaha

13 Agustus 2019

Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi idola masyarakat dalam melakukan pinjaman bisnis atau pinjaman modal usaha. Namun, ada kalanya pinjaman ini sulit cair karena berbagai persyaratan yang terlalu berat. Nah, kira-kira adakah alternatif lain untuk pinjaman modal usaha? Jawabannya ada, beberapa di antaranya pinjaman dari koperasi, bank konvensional milik negara, dari situs peer to peer leading, dan pinjaman untuk pengusaha kecil.

Alternatif Pinjaman Bisnis

4 Alternatif Pinjaman Bisnis untuk Modal Usaha

4 Alternatif Pinjaman Bisnis untuk Modal Usaha

Pinjaman bisnis pada era sekarang ini sudah cukup banyak, tidak hanya mengandalkan kredit usaha milik rakyat saja. Apalagi sekarang merupakan era digital yang mengundang lembaga keuangan memberikan pinjaman melalui cara online. Kemudahan ditawarkan oleh era digital ini, maka dari itu siapapun dapat mendirikan sebuah usaha untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari. Untuk alternatif pinjaman bisnis selain KUR akan diuraikan di bawah ini.

1. Pinjaman Modal Usaha untuk Pengusaha Kecil

Pinjaman modal ini sering kita dengar dengan sebutan kredit ultra mikro. Pinjaman modal usaha ini ditujukan khusus bagi mereka pengusaha yang sangat kecil. Bagi Anda masyarakat yang berada di wilayah terpencil dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui kredit ultra mikro ini. Pinjaman modal ini tidak hanya memberikan dana, namun juga bertujuan dalam pembentukan karakter.

Para peminjam modal usaha akan diminta mengikuti sebuah pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ilmu bagaimana mengelola usaha dengan segala perintilannya. Untuk peminjaman bisnis ini dapat dilakukan di lembaga keuangan non bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Biasanya pemerintah bekerja sama dengan lembaga pembiayaan setempat.

2. Pinjaman Modal Usaha dari Koperasi

Pinjaman modal usaha melalui koperasi terkadang dinilai sebagai cara yang jadul dan ketinggalan zaman. Padahal, pinjaman bisnis di koperasi ini sangat menguntungkan bagi Anda yang punya bisnis. Untuk jenis-jenis koperasi sendiri beragam, yang paling populer di masyarakat sih koperasi simpan pinjam. Agar mendapat fasilitas yang diberikan koperasi maka Anda harus menjadi anggotanya terlebih dahulu ya.

Untuk keuntungan pinjaman modal usaha di koperasi di antaranya: bunga yang tidak jauh beda dari kredit usaha rakyat, syarat yang lebih ringan, serta akan mendapat sisa hasil usaha di akhir tahun. Jangan lupa juga untuk membayar iuran koperasi agar Anda mendapat keuntungan tersebut.

3. Pinjaman Modal Usaha untuk Pedesaan

Meski dikhususkan untuk pedesaan, namun siapapun bisa mengajukan pinjaman modal usaha ini. Plafon maksimal peminjaman ini bisa sampai 100 juta, tenornya juga mencapai 120 bulan. Menariknya, pinjaman ini tidak hanya diperuntukkan dalam modal bisnis, bisa juga untuk keperluan konsumtif asalkan sudah memiliki usaha tetap.

Ada beberapa keuntungan juga yang akan Anda terima, di antaranya: gratis biaya provinsi, gratis asuransi jiwa, gratis konsultasi bisnis, angsuran lebih ringan, dan biaya administrasi murah.

4. Pinjaman Modal Usaha dari Situs Peer to Peer Lending

Pinjaman usaha ini diselenggarakan oleh perusahaan rintisan yang karyawannya masih sedikit. Kemudian proses peminjamannya dilakukan dengan cara online melalui marketplace. Kelebihannya dana dapat cair lebih cepat dengan berbagai variasi bunga. Untuk memastikan lembaga keuangan ini aman, pilih perusahaan yang telah diawasi OJK dan APPI.

Nah, demikianlah beberapa alternatif pinjaman bisnis untuk modal usaha. Bagi Anda yang ingin memiliki usaha, mulai dari yang terkecil hingga besar dapat dimulai dengan mengajukan pinjaman. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak memberatkan Anda ialah lihat persyaratannya terlebih dahulu.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+