Hindari Mengoleskan Lip Balm Saat Bibir Kering, Ini Alasannya

3 Mei 2019

Masalah bibir kering dan pecah-pecah memang bukan menjadi hal yang aneh lagi, terlebih di saat kondisi cuaca sedang panas. Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya akan membuat tampilan bibir indah, sehat dan seksi menjadi sirna. Namun kondisi ini juga kerap membuat permasalahan lain seperti timbulnya rasa perih dan tidak nyaman. Akibatnya, tentunya dapat menghilangkan rasa percaya diri jika harus berhadapan dengan banyak orang dengan jarak yang cukup dekat. Selain itu saat bibir kering ini dilapisi oleh lipstik, justru akan membuat tampilan bibir semakin menakutkan karena hanya akan memperburuk tampilan bibir.

Seringkali banyak orang yang melakukan kesalahan saat ingin mencoba mengatasi masalah bibir kering ini, yaitu dengan menggunakan lip balm sebagai salah satu solusinya. Padahal pelembab bibir ini tidak bisa diandalkan untuk menangani masalah bibir kering dan pecah-pecah. Justru pemakaian lip balm ini hanya akan membuat kondisi bibir kering Anda semakin bertambah kering. Apabila terus digunakan, lip balm ini bisa membuat kulit bibir menjadi terkelupas, dan imbasnya bisa mengiritasi bibir. Untuk itu sebisa mungkin Anda harus menghindari pemakaian lip balm ini saat kondisi bibir kering, mengapa? Berikut alasannya.

Hindari Mengoleskan Lip Balm Saat Bibir Kering, Ini Alasannya

Hindari Mengoleskan Lip Balm Saat Bibir Kering, Ini Alasannya

Lip Balm Akan Membuat Masalah Bibir Kering Menjadi Semakin Kering

Perlu untuk diketahui bahwa kegunaan dari lip balm pada dasarnya hanya untuk menjaga kelembaban bibir, bukan untuk mengobati masalah bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu lip balm juga diketahui mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan gliserin yang dapat membuat permasalahan kulit kering. Hyaluronic acid dan gliserin merupakan bahan yang sangat mudah untuk menguap dan bisa menghilangkan kelembaban kulit. Terlebih jika berada di bagian kulit yang sedang mengalami masalah kekeringan.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam lip balm ini juga sering dijadikan sebagai campuran di dalam produk-produk perawatan kulit yang diperuntukkan untuk kulit yang berminyak. Pasalnya kandungan seperti hyaluronic acid dan gliserin ini dapat menahan keringat serta minyak yang keluar secara berlebihan. Sehingga mampu menjadikan kulit tetap bisa terlihat segar, akan tetapi kandungan tersebut sebenarnya kurang tepat jika digunakan untuk memoles bibir, atau digunakan sebagai pelembab bibir khususnya untuk kulit bibir yang sensitif.

Selain itu kandungan hyaluronic acid dan gliserin pada lip balm akan bertambah berbahaya jika dicampur dengan mentol yang biasanya ada di dalam lip balm. Belum lagi adanya campuran zat pewarna yang juga ada pada lip balm, yang jika semua bahan tersebut bersatu akan semakin memberi pengaruh yang buruk pada kondisi bibir yang kering.

Maka dari itu, jangan sekali-kali memoleskan lip balm pada bibir di saat kondisi bibir sedang kering dan pecah-pecah. Karena penggunaan lip balm ini hanya akan memperparah kondisi bibir Anda. Ketahuilah segala manfaat produk yang Anda gunakan, jangan sampai bibir kering bertambah semakin kering karena penggunaan lip balm yang kurang Anda ketahui fungsi dan juga kandungannya. Semoga informasi kali ini bisa memberi banyak manfaat untuk Anda.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+