7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

18 Oktober 2022

Menggosok gigi setelah makan bisa mencegah aroma tidak sedap mengganggu kepercayaan diri Anda. Pastikan Anda menjaga kebersihan mulut, gigi dan lidah untuk mengantisipasi kejadian tidak mengenakkan akibat bau mulut yang mengganggu. Selain itu, kurangi intensitas mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Makanan yang terlalu asin, asam, manis, atau pedas bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut Anda semakin parah.

Jenis Makanan Penyebab Bau Mulut

Makanan yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Ilustrasi bau mulut

Sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik bisa memicu aroma tidak sedap. Selain makanan yang menempel di sela gigi, kebersihan lidah yang tidak terjaga juga bisa menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Untuk menghindari bau mulut yang mengganggu penampilan, Anda sebaiknya menghindari jenis makanan berikut:

1. Bawang

Baik bawang putih dan bawang merah menjadi salah satu makanan yang membuat aroma mulut semakin tidak sedap. Senyawa belerang yang ada pada bawang putih dan merah sangat tinggi sehingga Anda harus rajin menyikat gigi setelah makan makanan yang mengandung bahan masak tersebut.

2. Daging merah

Daging merah mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi Anda harus membatasi konsumsi sesuai kebutuhan harian. Pasalnya, makan daging merah bisa memproduksi amonia dan memecahnya selama proses pencernaan tubuh. Nantinya amonia akan keluar lewat mulut dan menyebabkan bau tidak sedap terjadi.

3. Susu

Ternyata susu merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan aorma mulut Anda tidak sedap. Hal ini dikarenakan susu mengandung asam amino yang akhirnya berubah menjadi senyawa sulfur di mulut. Jangan heran kalau bakteri di mulut akan mengubah zat-zat menjadi bau mulut tidak sedap setelah Anda minum susu.

4. Ikan tuna

Senyawa asam yang ada pada ikan tuna bisa menjadi salah satu penyebab aroma mulut Anda tidak sedap. Apalagi Anda mengkonsumsi ikan tuna kaleng akan mengalami oksidasi yang membuat kandungan trimethylamine semakin membuat mulut mengeluarkan bau.

5. Kopi

Bila Anda pecandu kopi setiap hari, maka wajib mewaspadai aroma tidak sedap yang timbul setelah mengkonsumsi kafein ini. Hal ini dikarenakan kopi bisa membuat mulut lebih kering sehingga bakteri mulut berkembang lebih banyak.

Selain itu, kopi juga bisa menyebabkan masalah pada gigi yang berubah menjadi lebih kuning. Untuk mengurangi potensi bau mulut tidak sedap setelah minum kopi, pastikan Anda rajin minum air mineral setelah menikmati secangkir kopi, ya!

6. Makanan pedas

Hindari mengkonsumsi makanan pedas yang bisa memicu aroma mulut menjadi lebih buruk. Jenis makanan kare, gulai ayam, mi seblak, dan lain-lain mengandung lebih banyak asam dan belerang yang akan bertahan di dalam perut lebih lama.

Bau makanan akan dikeluarkan lewat mulut sehingga Anda bisa menjadi kurang percaya diri nanti. Jenis makanan junk food yang terlalu pedas juga harus dihindari sebab bisa meningkatkan asam lambung dan menyumbang peranan bau mulut berlebihan.

7. Makanan asam

Kurangi pula mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau Anda bisa menyikat gigi setelah makan. Makanan yang asam membuat lingkungan mulut memiliki pH rendah sehingga bakteri penyebab aroma tidak sedap lebih mudah berkembang biak. Jenis makanan yang mengandung asam tinggi antara lain tomat, jeruk, lemon, dan lain-lain.

Kini Anda tahu penyebab bau mulut yang terjadi setelah mengkonsumsi jenis makanan di atas. Pastikan Anda rajin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung formula anti bakteri secara rutin, ya! Jangan lupa untuk menghindari rokok dan alkohol yang bisa membuat aroma mulut tidak sedap semakin buruk. Yuk, jaga kebersihan mulut dan gigi demi meningkatkan penampilan lebih percaya diri saat berbicara dengan orang lain!

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+