Inilah Penyebab Gangguan Sakit Leher Yang Tidak Disadari

10 Juni 2019

Ada banyak orang yang sering mengeluhkan adanya rasa sakit yang terjadi di bagian leher. Terkadang merekapun tidak mengetahui dengan pasti yang menjadi penyebab dari gangguan sakit leher ini. Umumnya keluhan sakit dibagian leher ini diakibatkan adanya posisi tidur yang salah, sehingga akan menimbulkan masalah otot di bagian leher. Padahal jika Anda mengetahui lebih dalam akan penyebab timbulnya nyeri di bagian leher ini bukan hanya karena adanya posisi tidur yang tidak tepat. Namun masih banyak faktor lain yang menjadi pemicu masalah sakit dibagian leher, namun sering tidak sadari oleh Anda.

Sebenarnya aktivitas sehari-hari seringkali menjadi dalang timbulnya keluhan nyeri di bagian leher. Dan kegiatan tersebut bisanya akan membuat bagian persendian di leher menjadi kaku dan tegang, dan akhirnya memicu masalah nyeri atau sakit di bagian leher. Berikut akan dijelaskan mengenai faktor penyebab sakit leher yang tidak disadari oleh para penderitanya. Selengkapnya silahkan simak informasinya di bawah ini.

Beberapa Penyebab Gangguan Sakit Leher Yang Tidak Disadari

Penyebab Gangguan Sakit Leher

Penyebab Gangguan Sakit Leher

1. Posisi Tidur Yang Tidak Tepat

Sebaiknya jika Anda kerap menderita masalah sakit leher terutama di saat Anda bangun dari tidur, maka cobalah untuk mengatur lagi posisi tidur dengan posisi yang benar. Jagalah posisi leher selama tidur dengan menghindari posisi tidur dengan kepala menekuk terlalu maju, terlalu mundur atau terlalu ke samping. Cobalah tidur dengan posisi terlentang supaya bantal yang Anda gunakan dapat menahan bagian leher dan punggung dengan benar.

2. Terlalu Serius Bermain Handphone

Sebenarnya sakit di bagian leher sangat dipengaruhi oleh adanya postur tubuh yang salah. Sehingga sebaiknya Anda harus sedikit mencermati tentang postur tubuh Anda. Dan ternyata saat Anda lebih sering mencoba mengarahkan kepala ke depan atau menunduk ke arah bawah di saat terlalu serius bermain handphone, maka akan menyebabkan masalah sakit di bagian leher. Di saat asik bermain handphone tanpa disadari bahwa tulang leher di bagian bawah akan lebih banyak bekerja.

Tidak hanya itu, posisi leher saat bermain handphone juga dapat menimbulkan tekanan di bagian otot punggung bagian atas, sebab harus selalu berusaha mengimbangi gerakan kepala Anda. Sebaiknya posisikan ponsel Anda dengan benar agar tidak membuat leher menjadi tegang. Begitu juga ketika Anda harus bekerja di depan komputer, maka cobalah untuk mengarahkan pandangan lurus ke depan, dan usahakan agar pandangan mata sejajar pada layar komputer Anda.

3. Stres Yang Berlebihan

Stres juga menjadi pemicu masalah sakit di bagian leher. Hal tersebut dikarenakan stres dapat membuat masalah otot-otot di bagian tubuh terutama di bagian leher ini menjadi lebih tegang. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik, cobalah untuk bermeditasi atau mengikuti yoga untuk mengurangi tingkatan stres yang Anda rasakan.

4. Akibat Merokok

Berbenti merokok memang menjadi hal yang sulit untuk dilakukan bagi Anda yang sudah benar-benar menjadi perokok berat. Namun perlu Anda tahu bahwa ternyata merokok dapat menyebabkan datangnya penyakit degeneratif pada tubuh. Sebab kandungan zat berbahaya pada rokok dapat mengeraskan arteri serta mengurangi asupan darah ke bagian tulang. Hal ini akan menimbulkan tulang di bagian leher menjadi minim akan nutrisi.

5. Membawa Banyak Barang di Tas

Biasanya wanita sering sekali terlalu banyak membawa barang di dalam tasnya. Padahal tas yang berat akan sangat berpengaruh pada gangguan di sekitar leher. Sebab otot bagian bahu dan leher akan terus menopang beban dan akhirnya lengan tidak bisa bergerak mengimbangi bagian lengan yang sebelahnya.

Itulah penyebab gangguan sakit leher yang sering tidak disadari oleh banyak orang. Mulai sekarang cobalah untuk mencegah sakit leher dengan mengatur postur tubuh, dan menghindari segala pemicunya.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+