Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 4 Bulan

20 Agustus 2017

Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 4 Bulan – Apakah anda sedang hamil usia 4 bulan? Biasanya awal kehamilan 4 bulan seorang ibu hamil akan merasa senang karena bayi dalam kandungan sudah mulai berkembang. Biasanya pada usia kehamilan 17-20 minggu, ibu hamil sudah dapat merasakan pergerakan bayi mereka, meskipun sebetulnya hanya sesaat karena efek rahim yang masih mengembang.

Tanpa disadari bahwa kerontokan rambut yang normal akan mulai mereda setelah ibu hamil memasuki usia kandungan 4 bulan. Namun sayangnya tak jarang ibu hamil tersebut justru merasa kurang tidur dan kelelahan yang amat berarti. Nah, ada baiknya seorang ibu hamil mengetahui perkembangan janin saat usia kehamilan 4 bulan seperti ulasan di bawah ini.

Ketahui Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 4 Bulan

Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 4 Bulan

Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 4 Bulan

1. Minggu ke-13

Perkembangan janin sudah menunjukkan bentuk menyerupai bayi. Namun ukuran belum sepenuhnya proporsional, kepala masih sangat besar, dan kemudian anggota tubuh, kaki maupun tangan masih sangat kecil. Kendati demikian, mata yang terbentuk semakin baik, tulang juga semakin padat. Biasanya janin dalam kandungan sudah mulai bergerak, janin mulai bisa menghisap jari, melakukan gerakan seperti menguap, menggeliat, bahkan dapat membuat ekspresi wajah. Janin pada bulan ke-4 ini sudah mulai bisa terlihat melalui pemeriksaan USG.

2. Minggu ke-14

Memasuki usia kandungan 4 bulan minggu ke 14 maka ditandakan dengan telinga yang sudah berada pada posisinya. Janin mulai dapat merespon stimulasi, terutama jika perut bagian bawah sang ibu disentuh, bahkan janin akan mulai memberi respon, dan masih sulit untuk dirasakan sang ibu. Ada hal lain lagi yang bisa diketahui, yakni jemari tangan dan kaki yang sudah mulai terbentuk pada minggu sebelumnya, kini sudah mulai terbentuk sidik jari.

3. Minggu ke-15

Pada minggu 15 pada perkembangan janin 4 bulan, kemungkinan besar ukuran janin mencapai berat hingga 70 gram. Tak hanya itu, rambutnya mulai tumbuh sehingga janin tersebut tidak botak lagi. Bahkan bulu-bulu di bagian lain pun juga mulai tumbuh seperti bulu mata ataupun alis. Sementara, tangan dan kaki mulai bertambah panjang, dan semuanya mulai dapat digerak-gerakkan, dan janin dapat menghisap jarinya. Di usia hamil 4 bulan ini, alat kelamin mulai terbentuk, tapi untuk dapat mengetahui apa kelamin bayi, mungkin harus bersabar menunggu lama karena belum terlihat jelas.

4. Minggu ke-16

Terakhir perkembangan janin 16 minggu yang akan menunjukkan pertumbuhan yang semakin cepat daripada dengan minggu-minggu sebelumnya. Adapun panjang janin dan berat sudah lebih dari 100 gram. Sedangkan gerakan dari janin pun akan mulai menjadi lebih kuat, apalagi jika ibu hamil mengusap perut sendiri. Seluruh permukaan tubuh janin mulai ditumbuhi oleh lanugo atau rambut-rambut halus. Plasenta yang menjadi jalur makanan yang menyalurkan makanan dari ibu ke janin pun sudah terbentuk secara sempurna dan fungsinya pun sudah sempurna.

Itulah beberapa ulasan singkat dari Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 4 Bulan. Semoga saja bermanfaat bagi anda semua, terutama ibu hamil. Sekian dan terima kasih

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+