Rahasia Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan di Semarang

20 Juni 2019

Banyak hal yang harus diperhatikan saat akan membeli rumah. Oleh karena itu, untuk memperoleh informasi mengenai rumah dijual di Semarang Anda dapat menggunakan jasa agen properti atau langsung mensurvei di lokasi.

Tips Membeli Rumah di Semarang

Rahasia Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan di Semarang

Rahasia Menjalankan Bisnis Properti Menguntungkan di Semarang

1. Melakukan survei rumah yang akan Anda beli

Survei dapat dilakukan lewat internet maupun mendatangi lokasi secara langsung. Anda dapat membandingkan antara satu rumah dengan rumah lainnya. Setelah itu, Anda beri penilaian sehingga mempermudah Anda untuk menentukan pilihan rumah dengan spesifikasi sesuai keinginan Anda.

2. Faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih rumah

  • Anda dapat memilih rumah berdasarkan arah matahari. Anda dianjurkan memilih rumah yang terkena sinar matahari pagi sehingga Anda bisa berjemur yang bagus untuk kesehatan.
  • Posisi di hook apakah ada kelebihan lahan atau tidak. Meskipun harganya lebih mahal, namun apabila tersedia kelebihan tanah Anda dapat merenovasi rumah atau menambahkan ruangan dan lain-lain.

3. Datang ke pihak marketing

Datang ke pihak marketing untuk memperoleh informasi mengenai detail rumah yang akan Anda beli. Anda dapat menggali informasi melalui tetangga atau satpam di sekitar rumah.

4. Mengecek status rumah

Ada dua status rumah, yaitu siap huni dan indent. Perbedaannya adalah untuk rumah siap huni maka Anda dapat mengecek rumah secara detail termasuk desain interior maupun eksterior.

Namun, saat Anda memilih rumah indent maka Anda hanya dapat memilih lokasi berdasarkan gambar site map. Anda juga harus menunggu pembangunan rumah selama 8 hingga 24 bulan terhitung setelah persetujuan akad kredit.

5. Mengecek harga rumah

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah tanyakan kepada penjual tentang rincian harga rumah. Anda cek harga rumah apakah sudah meliputi biaya berikut ini atau belum:

  • PPN sebesar 10%
  • Akta jual beli
  • Sertifikat hak guna bangunan
  • Bea perolehan hak atas tanah bangunan
  • Biaya KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang meliputi provisi, notaris, administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran, APHT dan lain-lain.

6. Memperhatikan syarat dan cara membayar rumah menggunakan KPR dari Bank

  • Membayar uang tanda jadi yang besarnya berbeda-beda, yaitu 5, 10 atau 20 juta.
  • Membayar uang muka sebesar 20% atau 30%.
  • Menunggu approval KPR dari Bank. Sembari menanti approval, Anda harus menandatangani PPJBTB, dokumen berisi aturan dan kewajiban saat Anda menghuni rumah yang Anda beli.
  • Akad kredit dilakukan setelah 10 hingga 30 hari Anda melunasi uang muka.

7. Rumah siap huni

Anda membutuhkan waktu 1 hingga 2 bulan setelah akad kredit untuk dapat menempati rumah. Waktu tersebut dipakai untuk membersihkan dan mengecat rumah, mendaftarkan PLN, PDAM, Telepon dan lain-lain.

8. Memperoleh garansi kerusakan rumah

Garansi diberikan selama 3 hingga 6 bulan terhitung setelah akad serah terima. Syarat pengajuan garansi adalah apabila rumah mengalami kebocoran pipa, dinding retak dan adanya masalah pada bagian rumah lainnya.

9. Tidak merenovasi rumah pada masa garansi

Anda dianjurkan untuk tidak merenovasi rumah pada masa garansi. Hal ini dikarenakan dapat menghilangkan garansi 3 hingga 6 bulan. Peraturan ini telah diatur di dalam PPJBTB.

10. Mengatur interior rumah sebelum rumah ditempati.

Salah satunya adalah pemasangan bak penampung air untuk mengatasi saat air PDAM atau air sumur terhambat.

Keuntungan Bisnis Properti Rumah

1. Memiliki nilai lebih

Investasi properti memberi banyak nilai tambah karena Anda membangun rumah di tanah kosong. Apalagi jika lokasi tanah berada di tempat yang strategis dengan gaya arsitektur yang bagus dan fasilitas yang lengkap. Dengan demikian, keuntungan yang Anda peroleh semakin besar.

2. Investasi properti memperoleh kenaikan pendapatan setiap tahun

Hal ini dikarenakan semakin hari semakin sedikit area lahan kosong. Disisi lain, bisnis properti akan semakin meningkat seiring pertumbuhan ekonomi.

3. Nilai jual tanah meningkat

Harga tanah setiap tahun meningkat. Hal ini dikarenakan jumlah tanah pertahun semakin sempit padahal jumlah penduduk meningkat.

4. Bagus untuk investasi di masa depan

Bisnis properti lebih tahan lama dibandingkan deposito maupun investasi emas dan lainnya. Jangka waktu investasi properti rumah lebih lama, yaitu 3 sampai 5 tahun.

5. Tingginya daya pengungkit investasi

Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak hingga 5 kali lipat. Apabila nilai investasi meningkat maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 50% dari modal awal investasi.

6. Terlindungi dari inflasi

Nilai investasi bisnis properti tidak mengalami penurunan bahkan cenderung selalu naik setiap tahunnya. Lain halnya dengan investasi uang yang dapat terkena inflasi.

7. Memiliki agunan yang bagus

Bisnis properti memiliki agunan yang solid. Bahkan, Bank berani memberikan pinjaman sampai 80%. Lain halnya jika Anda investasi uang atau emas, banyak persyaratan yang menjadi bahan pertimbangan saat Bank akan memberikan pinjaman.

8. Pride of Ownership

Apabila Anda memiliki investasi dibidang properti rumah, Anda akan mendapatkan rasa bangga. Hal ini dikarenakan properti rumah dapat disewakan sehingga Anda akan mendapatkan penghasilan dari hasil sewa.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+