Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi

28 Maret 2019

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi – Kehamilan memang kabar yang sangat menggembirakan bagi setiap pasangan. Namun sayangnya kehamilan yang terjadi sulit terdeteksi karena sesuatu hal. Mungkin akibat minimnya pengetahuan seseorang tentang masa hamil atau masa subur wanita. Paling tidak sebagai wanita harus memahami betul tanda-tanda kehamilan agar tidak terjadi hamil anggur.

Mungkin bagi Anda menjelang haid atau tanda hamil muda akan kesulitan membedakan ciri-cirinya. Mulai dari payudara mengencang hingga kram di perut yang dirasa hampir mirip dengan menjelang haid. Kendati demikian, sebagai wanita tidak boleh harap-harap cemas jika menghadapi situasi seperti ini. Nah, inilah tanda-tanda kehamilan sebelum haid atau menstruasi.

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid Atau Menstruasi

1.Kram Perut

Bisa jadi beberapa wanita akan mengalami kram perut sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Biasanya hal semacam ini akan berakibat pada telur yang dibuahi mengambil posisi, serta menanamkan atau implantasi diri pada rahim. Rupanya implantasi terjadi antara 8-10 hari setelah ovulasi atau sekitar 4-6 hari sebelum menstruasi berikutnya. Maka tak heran, jika banyak wanita yang keliru menduga kram perut ini sebagai nyeri haid yang akan datang.

2. Bercak Ringan

Bercak ringan atau ngeflak akan sering dialami oleh banyak wanita yang mengalami masa sebelum haid. Namun jika tidak ada gejala dan tanda kehamilan lainnya, mungkin saja hal tersebut termasuk tanda sebelum datang bulan. Akan tetapi, bisa menjadi tanda awal kehamilan, bercak darah yang keluar diyakini akibat dari implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam rahim. Karena itulah, perhatikan betul pertanda bercak merah tersebut.

3. Mual

Mual memang menjadi gejala awal kehamilan yang cukup dikenal banyak orang. Meskipun sebagian besar wanita hamil tidak mengalami mual atau morning sickness sebelum usia kehamilan mencapai 6 minggu atau 2 minggu setelah telat haid. Akan tetapi, ada beberapa mengalami mual begitu dini yaitu satu minggu setelah pembuahan, atau kira-kira seminggu sebelum masa mestruasi selanjutnya.

4. Payudara Nyeri dan Membesar

Apabila payudara Anda lebih sensitif bahkan terhadap sentuhan lembut, bisa jadi adalah pertanda awal kehamilan. Payudara tersebut juga akan terasa tegang dan sakit pada saat akan mendapat menstruasi. Namun untuk gejala hamil juga begitu namun bisa berkali lipat rasanya. Pada 2-3 minggu setelah pembuahan, biasanya perubahan hormonal bisa membuat payudara seperti ini. Payudara mungkin juga terasa lebih penuh dan lebih berat.

5. Sensitif Terhadap Bau

Perubahan awal menjadi tanda bahwa kehamilan telah merubah respon tubuh terhadap aroma atau bau. Anda akan merasakan pertama kali saat pergi ke dapur, dan aroma makanan yang Anda sukai sekarang malah membuat Anda enek, mual dan ingin menghindarinya. Namun belum dapat dipastikan kenapa wanita hamil sensitif terhadap bau, tapi diduga kuat ini akibat pengaruh hormon progesterone.

Nah, itulah tanda tanda hamil sebelum haid atau menstruasi. Semoga saja bermanfaat bagi Anda, terutama kalangan wanita yang hendak merencanakan program kehamilannya atau pembaca umum.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+