Tips Mengganti Oli Motor Yamalube yang Baik

20 Mei 2019

Yamalube merupakan aksesoris pelengkap dari Yamaha yang cocok untuk kebutuhan motor Anda. Salah satu produk andalan dari Yamaha adalah oli kendaraan baik matic, sport dan lain-lain. Untuk Anda yang memiliki kendaraan roda dua dari Yamaha, sebaiknya tahu cara merawat motor dengan baik. Anda harus senantiasa mengganti oli motor setelah menempuh jarak 1.500-4000 kilometer paling ideal. Penggantian oli motor yang rutin bisa menjaga performa motor tetap maksimal dan awet.

Tips Mengganti Oli Motor yang Baik

Tips Mengganti Oli Motor Yamalube yang Baik

Tips Mengganti Oli Motor Yamalube yang Baik

Tak perlu mengganti oli motor Anda ke bengkel terdekat sebab Anda bisa melakukannya sendiri di rumah lho! Tentu Anda harus memperhatikan tata cara mengganti oli motor agar tidak terjadi kerusakan pada motor lebih parah. Sebagai referensi, berikut 5 tips mengganti oli motor yang baik.

1. Letakkan penampung di bagian bawah motor

Anda harus meletakkan wadah yang berfungsi sebagai penampung di bagian bawah sepeda motor. Tujuan meletakkan wadah bekas di bagian bawah sepeda motor adalah untuk menampung oli lama yang keluar. Anda bisa menggunakan wadah bekas apa saja seperti bekas kaleng biskuit, dirigen dan lain-lain.

2. Kendurkan baut pada mesin motor

Kendurkan baut pada mesin motor menggunakan obeng yang pas. Anda harus memutar baut searah jarum jam sampai terbuka dan oli lama keluar ke wadah penampung. Jangan lupa untuk menutup kembali baut mesin saat oli lama sudah keluar sepenuhnya.

3. Bersihkan sisa oli lama pada mesin motor

Jika semua oli lama sudah keluar, Anda tetap harus membersihkan bagian dalam mesin motor. Anda bisa menggunakan tang untuk membuka penutup bagian atas mesin motor ya!

4. Kencangkan baut pada bagian bawah

Setelah mesin sudah benar-benar bersih dari sisa oli lama, Anda wajib mengencangkan baut pada bagian bawah motor terlebih dahulu. Pastikan bahwa baut sudah terpasang secara sempurna sebelum Anda memasukkan oli baru ke dalam mesin. Jangan sampai baut tidak terpasang dengan baik sehingga oli baru keluar ke wadah penampung.

5. Memasukkan oli baru ke mesin motor

Gunakan produk oli Yamalube dari Yamaha yang telah terbukti berkualitas. Anda hanya perlu memasukkan oli baru ke dalam mesin motor kesayangan. Agar menuangkan oli lebih mudah ke mesin motor, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti torong. Jika semua oli sudah masuk, Anda hanya perlu menutup rapat mesin motor kembali. Kini oli baru Anda siap melumasi mesin motor agar tetap memiliki performa prima.

Konsisten mengganti oli motor sesuai dengan jarak tempuh yang disarankan bisa membuat motor Anda lebih tahan lama. Sebaiknya Anda senantiasa membeli produk berkualitas yang memiliki ijin legal. Jangan sampai tergiur harga murah yang ternyata tidak menjamin orisinalitas oli kendaraan roda dua Anda.

Dampak negatif menggunakan oli palsu

Banyak orang tergoda menggunakan produk oli palsu sebab menawarkan harga yang lebih miring. Padahal, dampak negatif menggunakan oli palsu bisa menyebabkan kerusakan komponen mesin pada motor. Gejala kerusakan yang ditunjukkan bisa dalam bentuk ringan sampai parah. Anda wajib waspada jika penggantian oli malah berdampak pada mesin terdengar kasar, mesin cepat sekali panas hingga kerusakan pada piston atau silinder.

Anda jelas tidak ingin merugi sebab harus mengganti onderdil yang rusak, bukan? Oleh sebab itu, pastikan untuk membeli produk oli mesin motor pada bengkel atau distributor resmi Yamaha. Penggunaan oli Yamalube yang bersertifikasi dan berkualitas bisa meningkatkan pelumasan mesin motor sehingga performa Anda di jalanan tidak diragukan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+